Contoh silabus untuk kelas vii
Silabus
PEMbELAJARAN
Sekolah : MTs. Muhammadiyah
Bumiayu
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : II (dua)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 4.
Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Mema-hami pe-ngertian dan notasi himpunan, serta
pe-nyajiannya
|
Himpunan
|
Mendiskusikan
masalah sehari-hari yang merupakan himpunan.
|
·
Menyatakan
masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Di dalam
kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.
|
1x40 menit
|
Buku teks,
lingkungan
|
Menyebutkan
anggota dan bukan anggota suatu himpunan
|
·
Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan
|
Tes
lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
Di
kelasmu, ada himpunan siswa yang berkacamata. Sebutkan anggota-anggotanya dan
sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.
|
1x40 menit
|
|||
Menyatakan
notasi himpunan
|
· Menyatakan notasi himpunan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan
prima kurang dari 20.
|
1x40 menit
|
|||
Membedakan
himpunan kosong, nol dan notasinya
|
·
Menjelaskan
himpunan kosong dan notasinya
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Manakah yang merupakan himpunan kosong?
0 atau {0} atau Ø atau {Ø}
|
1x40 menit
|
|||
4.2 Memahami konsep
himpunan bagian.
|
Himpunan
|
Mendiskusikan
pengertian himpunan bagian
Mengidentifikasi
himpunan bagian suatu himpunan
|
·
Menentukan
himpunan bagian dari suatu himpunan
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
|
Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2,
4, 6, 8, 10, 12, 14, 16}
a.
{0, 2, 4, 6}
b.
{8, 10, 12, 14,
16}
c.
{10}
|
1x40 menit
|
Buku
teks, lingkungan
|
Menentukan
banyak himpunan bagian suatu himpunan
Menemukan
rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan.
|
·
Menentukan
banyak himpunan bagian suatu himpunan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tulislah semua himpunan bagian dari {a, e, i, u, o}
|
1x40 menit
|
|||
Mendiskusikan
pengertian himpunan semesta
Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan semesta
|
·
Menjelaskan
pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan asli, maka
himpunan semestanya adalah
|
1x40 menit
|
|||
4.3 Melakukan operasi
iri-san, ga-bungan, kurang (selisih), dan kom-plemen pada himpunan.
|
Himpunan
|
Mendiskusikan
pengertian irisan, gabungan dan kurang (selisih) dua himpunan.
Menuliskan
irisan, gabungan, dan kurang (selisih) dari
dua himpunan.
Menuliskan
notasi gabungan dua himpunan.
Menyatakan
notasi irisan dua himpunan.
Menyatakan
notasi kurang (selisih) dua himpunan.
|
·
Menjelaskan
pengertian irisan, gabungan, dan
kurang (selisih) dari dua himpunan
·
Menentukan
irisan, gabungan dan kurang
(selisih) dua himpunan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan
2. Jika A = Himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan
B = Himpunan bilangan bulat antara 5 dan
15 maka:
A ∩ B =
A U B = .
A – B = .
|
2x40 menit
|
Buku
teks, lingkungan
|
Mendiskusikan
komplemen suatu himpunan
Menuliskan
notasi komplemen suatu himpunan
|
·
Menjelaskan
pengertian komplemen dari suatu himpunan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian komplemen dari suatu
himpunan!
|
1x40 menit
|
|||
Mendiskusikan
cara menentukan komplemen suatu
himpunan
|
·
Menentukan
komplemen dari suatu himpunan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tulislah
komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semesta-nya adalah S adalah
himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau
sama dengan 10.
|
1x40 menit
|
|||
4.4 Menyaji-kan him-punan dengan diagram Venn.
|
Himpunan
|
Mendiskusikan
cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram
Menggambar
diagram Venn untuk berbagai himpunan
Menggunakan
diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan
|
·
Menyajikan
gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan
berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P ∩ Q?
Manakah yang merupakan P U Q?
|
2x40 menit
|
Buku
teks, lingkungan
|
Menggunakan
diagram Venn untuk menyajian kurang(selisih)
suatu himpunan dari himpunan
|
·
Menyajikan
kurang(selisih) suatu himpunan dari
himpunan lainnya dengan diagram Venn
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan
berikut ini.
P
= {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P-Q?
|
1x40 menit
|
|||
Menggunakan
diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan
|
·
Menyajikan
komplemen suatu himpunan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta
S adalah himpunan semua bilangan bulat, dan A adalah himpunan bilangan bulat
antara 0 dan 10.
Manakah yang merupakan Ac?
|
2x40 menit
|
|||
4.5 Menggu-nakan konsep himpunan dalam pe-mecahan masalah.
|
Himpunan
|
Menggunakan
diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
|
·
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan diagram
Venn dan konsep himpunan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Di dalam suatu kelas ada 30 siswa, 20 siswa diantaranya
senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 10 siswa tidak senang
matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika
dan senang bahasa?
|
2x40 menit
|
Buku
teks, lingkungan
|
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Silabus PEMEBLAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : II (dua)
GEOMETRI
Standar
Kompetensi : 5. Memahami hubungan garis
dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan
ukurannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1Menentu-kan hu-bungan an-tara dua garis, serta besar
dan jenis sudut.
|
Garis
dan Sudut
|
Mendiskusikan
hubungan dua garis pada masalah kontekstual atau benda konkrit.
|
·
Menjelaskan
pengertian dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan).
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan kedudukan dua garis yang:
a.
sejajar
b.
berimpit
c.
berpotongan
d.
bersilangan
|
2x40 menit
|
Buku Teks,
Lingkungan
|
·
Membagi ruas
garis menjadi n bagian yang sama
panjang dengan jangka.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Lukislah ruas garis
![]() |
|
||||
Mendiskusikan
satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
Menjelaskan
satuan sudut yang sering digunakan
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Apakah satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan?
|
1x40 menit
|
|||
Melakukan
pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat
|
·
Mengukur besar
sudut dengan busur derajat
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Ukurlah
dengan busur derajat sudut-sudut berikut :
![]()
.
![]()
.
|
1x40 menit
|
|||
|
|
Mendiskusikan
jenis-jenis sudut
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut
|
·
Menjelaskan
perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
perbedaan antara sudut siku-siku, lancip dan tumpul dan berilah contohnya.
|
2x40 menit
|
|
5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua
garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
|
Garis
dan sudut
|
Mengidentifikasi
kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain
|
·
Menjelaskan
jenis-jenis sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan dipotong oleh
garis ketiga (garis lain).
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
![]()
Sebutkan sudut-sudut sehadap, bertolak belakang,
dalam berseberangan, luar berseberangan, dalam sepihak, dan luar sepihak pada
gambar di atas.
|
2x40 menit
|
Buku
teks, dari kawat
|
Mendiskusikan
kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan
sifat-sifat sudut yang terjadi menggunakan busur derajat
|
·
Menemukan sifat
sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)
|
|
|
![]()
Gunakan
busur derajat untuk mengukur semua sudut yang tampak pada gambar di atas.
![]() |
|
|
||
Menyelesaikan
soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar
dipotong oleh garis lain
|
·
Menggunakan
sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jika besar sudut A = 55º,
maka besar sudut CDE = ,
|
2x40 menit
|
|||
5.3 Melukis sudut
|
Garis
dan sudut
|
Melukis
sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat
Memindahkan
sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka
|
·
Melukis sudut
yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan
jangka
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
![]()
Lukislah
sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar
|
2x40 menit
|
Buku
teks, penggaris, jangka
|
|
|
Menggunakan
jangka dan penggaris untuk melukis sudut
60 0 dan 90 0
Melukis
sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga
siku-siku
|
·
Melukis sudut
600 dan 900.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dengan
penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 600.
|
2x40 menit
|
|
5.4 Membagi sudut
|
Garis
dan sudut
|
Menggunakan
penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar
|
·
Membagi sudut
menjadi 2 sama besar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
![]()
Dengan
penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama
besar
|
2x40 menit
|
Buku
teks, penggaris, jangka
|
Menggunakan
penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300, 450, 1200, dan 1500.
|
·
Melukis
sudut 300, 450, 1200, dan 1500.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dengan
penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 1500.
|
2x40 menit
|
|||
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Silabus
PEMELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : II (dua)
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan
segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat segiti-ga
berda-sarkan sisi dan sudut-nya
|
Segiempat
dan segitiga
|
Mendiskusikan
jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan segitiga.
|
·Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisinya dan beri
contoh masing-masing derngan gambar
|
1x40 menit
|
·
Buku teks,
·
Model-segitiga
|
|
Mendiskusikan
jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan segitiga
|
·Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya dan beri contoh masing-masing
derngan gambar.
|
1x40 menit
|
||||
6.2 Menginden- tifikasi sifat-sifat perse-gipanjang,
persegi, trapesium, jajargen-jang, belah ketupat dan layang-layang.
|
Segiempat
dan segitiga
|
Menggunakan
lingkungan
untuk
mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah
ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya
|
·Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah
ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian dari dua bangun berikut menurut
sifat-sifatnya :
a.
persegipanjang
b.
persegi
c.
jajargenjang
d.
belahketupat
|
2x40 menit
|
Buku
teks, bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.
|
|
Mendiskusikan
sifat-sifat segiempat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya.
|
·Menjelaskan sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan
diagonalnya.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan sifat-sifat jajargenjang dan persegi ditinjau
dari sisi , sudut dan diagonalnya.
|
2x40 menit
|
||||
6.3 Menghi -tung keli-ling dan luas bangun se-gitiga
dan segiempat serta mengguna-kannya
da-lam peme-cahan masalah.
|
Segiempat
dan segitiga
|
Menemukan
rumus keliling bangun segitiga dan segiempat dengan cara mengukur panjang
sisinya
|
·Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
![]()
Keliling segitga PQR sama dengan .
|
2x40 menit
|
Buku
teks, bangun datar dari kawat atau dari karton
|
|
Menemukan
luas persegi dan persegipanjang menggunakan petak-petak(satuan luas)
Menemukan
luas segitiga dengan menggunakan luas persegipanjang
Menemukan luas
jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan
luas segitiga dan luas persegi atau persegipanjang.
|
·Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
![]()
Luas persegipanjang ABCD adalah .
|
4x40 menit
|
|
|||
|
Menggunakan
rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan
masalah
|
·Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segiempat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Pak masdar mempunyai kebun berbentuk persegipanjang
dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon
kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon
kelapa yang diperlukan pak masdar?
|
2x40 menit
|
|||
6.4 Melukis segitiga, garis ting-gi, garis bagi, garis
berat dan garis sum-bu.
|
Segitiga
|
Menggunakan
penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:
1.
ketiga sisinya
2.
dua sisi dan
satu sudut apitnya
3.
satu sisi dan
dua sudut
|
·Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya
atau satu sisi dan dua sudut
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang
sisi-sisinya 5 cm, 6 cm, dan 4 cm.
|
2x40 menit
|
Buku
teks, penggaris, jangka
|
|
Melukis
segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka
dan busur derajat.
|
·Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 3 cm, dan
AB = 4 cm.
|
2x40 menit
|
||||
Menggunakan
penggaris dan jangka untuk melukis
garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga
|
·Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
![]()
Lukislah ketiga garis tinggi dari
masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan?
|
2x40 menit
|
||||
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|||||||||
Keterangan:
Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan
pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini
pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi
kegiatan inti.
Mengetahui,
Kepala MTs Muhammadiyah Bumiayu,
( Nur Ikhsan Utomo, S.Pd )
NBM :664 185
|
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
( Windhy Wijayanti, S.Pd )
NBM : 967 615
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar