contoh silabus

 On Senin, 17 Juni 2013  


Contoh silabus untuk kelas vii


Silabus PEMbELAJARAN


Sekolah                      : MTs. Muhammadiyah Bumiayu
Kelas                          : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran           : Matematika
Semester                    : II (dua)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 4.  Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
4.1     Mema-hami pe-ngertian dan notasi himpunan, serta pe-nyajiannya
Himpunan

Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan.
·    Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
Tes tertulis

Uraian

Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.
1x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan

·   Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Di kelasmu, ada himpunan siswa yang berkacamata. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.
1x40 menit
Menyatakan notasi himpunan

·  Menyatakan notasi himpunan

Tes tertulis
Uraian
Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan prima kurang dari 20.
1x40 menit
Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya

·   Menjelaskan himpunan kosong dan notasinya

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Manakah yang merupakan himpunan kosong?
0 atau {0} atau Ø atau {Ø}
1x40 menit
4.2 Memahami konsep himpunan bagian.

Himpunan
Mendiskusikan pengertian himpunan bagian
Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan

·   Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan

Tes tertulis
Tes pilihan ganda
Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16}
a.       {0, 2, 4, 6}
b.       {8, 10, 12, 14, 16}
c.        {10}
1x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan
Menemukan rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan.
·    Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan

Tes tertulis
Uraian
Tulislah semua himpunan bagian dari {a, e, i, u, o}
1x40 menit
Mendiskusikan pengertian himpunan semesta
Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta
·    Menjelaskan pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
Tes tertulis
Uraian
Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan asli, maka himpunan semestanya adalah
1x40 menit
4.3 Melakukan operasi iri-san, ga-bungan, kurang (selisih), dan kom-plemen pada himpunan.


Himpunan
Mendiskusikan pengertian irisan, gabungan dan kurang (selisih)  dua himpunan.
Menuliskan irisan, gabungan, dan kurang (selisih) dari  dua himpunan.
Menuliskan notasi gabungan dua himpunan.
Menyatakan notasi irisan dua himpunan.
Menyatakan notasi kurang (selisih) dua himpunan.
·    Menjelaskan pengertian irisan,  gabungan, dan kurang (selisih) dari dua himpunan
·    Menentukan irisan,  gabungan dan kurang (selisih)  dua himpunan

Tes tertulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan
2. Jika A = Himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan B = Himpunan bilangan bulat antara 5 dan  15 maka:
A ∩ B =
A U B = .
A – B = .
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan
·   Menjelaskan pengertian komplemen dari suatu himpunan

Tes tertulis

Uraian
Jelaskan pengertian komplemen dari suatu himpunan!
1x40 menit


Mendiskusikan cara menentukan  komplemen suatu himpunan

·   Menentukan komplemen dari suatu himpunan
Tes tertulis

Uraian




Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semesta-nya adalah S adalah himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10.
1x40 menit
4.4     Menyaji-kan him-punan dengan diagram Venn.


Himpunan
Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram
Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan
·   Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn


Tes tertulis
Uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P ∩ Q?
Manakah yang merupakan P U Q?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan
·   Menyajikan kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
Tes tertulis
Tes uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P-Q?
1x40 menit
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan
·   Menyajikan komplemen suatu himpunan
Tes tertulis
Uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S adalah himpunan semua bilangan bulat, dan A adalah himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.
Manakah yang merupakan Ac?
2x40 menit
4.5     Menggu-nakan konsep himpunan dalam pe-mecahan masalah.

Himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
·   Menyelesaikan masalah dengan menggunakan  diagram Venn dan konsep himpunan

Tes tertulis
Uraian
Di dalam suatu kelas ada 30 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 10 siswa tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika dan senang bahasa?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )







Silabus PEMEBLAJARAN


Sekolah                      : .................................
Kelas                          : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran           : Matematika
Semester                    : II (dua)
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
5.1Menentu-kan hu-bungan an-tara dua garis, serta besar dan jenis sudut.

Garis dan Sudut

Mendiskusikan hubungan dua garis pada masalah kontekstual atau benda konkrit.
·    Menjelaskan pengertian dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan).
Tes tertulis


Uraian
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kedudukan dua garis yang:
a.   sejajar
b.   berimpit
c.    berpotongan
d.   bersilangan
2x40 menit
Buku Teks,
Lingkungan
·    Membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama panjang dengan jangka.
Tes tertulis



Uraian
Lukislah ruas garis  dan dengan menggunakan jangka bagilah ruas garis tersebut menjadi 5 bagian yang sama panjang.

Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
·    Menjelaskan satuan sudut yang sering digunakan

Tes lisan

Daftar pertanyaan
Apakah satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan?
1x40 menit
Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat

·    Mengukur besar sudut dengan busur derajat

Tes tertulis
Isian singkat
Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut :
a.
                                .
b.
                                .
1x40 menit


Mendiskusikan jenis-jenis sudut
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut

·     Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)

Tes tertulis
Uraian
Jelaskan perbedaan antara sudut siku-siku, lancip dan tumpul  dan berilah contohnya.
2x40 menit

5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

Garis dan sudut
Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain




·     Menjelaskan jenis-jenis sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan dipotong oleh garis ketiga (garis lain).
Tes tertulis
Uraian



Sebutkan  sudut-sudut sehadap, bertolak belakang, dalam berseberangan, luar berseberangan, dalam sepihak, dan luar sepihak pada gambar di atas.
2x40 menit
Buku teks,  dari kawat
Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi menggunakan busur derajat

·     Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)






Gunakan busur derajat untuk mengukur semua sudut yang tampak pada gambar di atas.
Kesimpulan apa yang kamu peroleh.


Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain

·     Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal

Tes tertulis
Uraian




Jika besar sudut A = 55º, maka besar sudut CDE =  ,

2x40 menit
5.3 Melukis sudut



Garis dan sudut
Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat
Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka

·     Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka

Tes tertulis
Uraian


Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar
2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka


Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut  60 dan  90 0
Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku
·     Melukis sudut 600 dan 900.
Tes tertulis
Uraian
Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 600.
2x40 menit

5.4 Membagi sudut



Garis dan sudut
Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar
 

·     Membagi sudut menjadi 2 sama besar


Tes tertulis
Uraian



Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar
2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka
Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300,  450,       1200,    dan 1500.

·     Melukis sudut  300,  450, 1200,    dan 1500.

Tes tertulis
Uraian
Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 1500.
2x40 menit
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


Silabus PEMELAJARAN


Sekolah                      : .................................
Kelas                          : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran           : Matematika
Semester                    : II (dua)
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi 
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
6.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat segiti-ga berda-sarkan sisi dan sudut-nya

Segiempat dan segitiga

Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan segitiga.

·Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya

Tes tertulis
Uraian
Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisinya dan beri contoh masing-masing derngan gambar
1x40 menit
·    Buku teks,
·    Model-segitiga
Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan segitiga
·Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
Tes tertulis
Uraian
 Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya dan beri contoh masing-masing derngan gambar.
1x40 menit
6.2 Menginden- tifikasi sifat-sifat perse-gipanjang, persegi, trapesium, jajargen-jang, belah ketupat dan layang-layang.
Segiempat dan segitiga

Menggunakan lingkungan
untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya

·Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.

Tes tertulis
Uraian
Jelaskan pengertian dari dua bangun berikut menurut sifat-sifatnya :
a.        persegipanjang
b.        persegi
c.        jajargenjang
d.        belahketupat
2x40 menit
Buku teks, bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.
Mendiskusikan sifat-sifat segiempat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya.
·Menjelaskan sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan sifat-sifat jajargenjang dan persegi ditinjau dari sisi , sudut dan diagonalnya.
2x40 menit
6.3 Menghi -tung keli-ling dan luas bangun se-gitiga dan segiempat serta  mengguna-kannya da-lam peme-cahan masalah.

Segiempat dan segitiga

Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat dengan cara mengukur panjang sisinya

·Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat

Tes tertulis
Isian singkat

 




Keliling segitga PQR sama dengan .
2x40 menit
Buku teks, bangun datar dari kawat atau dari karton
Menemukan luas persegi dan persegipanjang menggunakan petak-petak(satuan luas)
Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegipanjang
Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegipanjang.
·Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat

Tes tertulis
Isian singkat



Luas persegipanjang ABCD adalah .
4x40 menit


Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan masalah
·Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat

Tes tertulis
Uraian
Pak masdar mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan pak masdar?
2x40 menit
6.4 Melukis segitiga, garis ting-gi, garis bagi, garis berat dan garis sum-bu.

Segitiga
Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:
1.  ketiga sisinya
2.  dua sisi dan satu sudut apitnya
3.  satu sisi dan dua sudut
·Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut

Tes tertulis
Uraian
Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 5 cm, 6 cm, dan 4 cm.
2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka
Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat.
·Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki


Tes tertulis
Uraian
Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 3 cm, dan AB = 4 cm.
2x40 menit
Menggunakan penggaris dan  jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga

·Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.
Tes tertulis
Uraian

Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan?
2x40 menit
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Keterangan:
  Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.




Mengetahui,
Kepala MTs Muhammadiyah Bumiayu,



( Nur Ikhsan Utomo, S.Pd )
NBM :664 185

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( Windhy Wijayanti, S.Pd )
NBM : 967 615


contoh silabus 4.5 5 jono lelur Senin, 17 Juni 2013 Contoh silabus untuk kelas vii Silabus PEMbELAJARAN Sekolah                      : MTs. Muhammadiyah Bumiayu Kelas               ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar