Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) bag 4

 On Selasa, 18 Juni 2013  


Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) bag 4
Untuk Kesempatan kali ini Info Kerja Guru akan melanjutkan menganai pembahasa sebelumnya yaiti Metode Pembelajaran Kuantum.Berikut pembahasannya.

Langkah 4 : DEMONSTRASIKAN

Menyediakan kesempatan bagi pelajar untuk menunjukkan (mendemonstrasikan) bahwa mereka tahu. (De Porter B : 2003)

Alternatif Pertanyaan Tuntunan

· Dengan cara apa siswa dapat memperagakan tingkat kecakapan mereka dengan pengetahuan yang baru?

· Kriteria apa yang dapat dikembangkan bersama untuk menentukan kualitas peragaan mereka?

STRATEGI : Diskusi kooperatif, permainan

Contoh demonstrasikan

v Yu-yu-yu sekarang kita duduk bersama – sama kelompok masing – masing !!!!! (tolong cepat ya............yang pindah orangny saja bukan bangkunya.

1. Tiap kelompok mengambil nomor undian soal yang telah disediakan gurubdan segera melaporkan nomor yang terpilih.

2. Tiap – tiap kelompok yang akan melaporkan hasil pekerjaannya diwakili oleh salah satu anggota dari kelompok itu yang dipilih oleh kelompok lain

3. Jika jawaban benar maka semua anggota kelompoknya mendapat point yang sama (benar).

4. Jika jawaban salah maka semua anggota kelompoknya mendapat point yang sama (salah).

5. Siswa / kelompok lain yang turut mendapatkan point dan aplaus adalah siswa yang dapat memberikan tanggapan dengan kriteria: dapat merevisi kesalahan dari kelompok lain yang maju atau dapat menjelaskan permasalahan yang tidak dapat dijawab oleh kelompok manapun, dapat menyajikan penyelesaian yang lebih praktis dengan cara yang berbeda.

Langkah 5 : ULANGI

Menunjuk beberapa pelajar untuk mengulangi materi dan menegaskan “aku tahu bahwa aku memang tahu ini”. (De Porter B : 2003)

Alternatif Pertanyaan Tuntunan

· Cara apa yang terbaik untuk mengulangi pelajaran?

· Dengan cara apa setiap siswa akan mendapatkan kesempatan untuk mengulang?

STRATEGI : Saling menyampaikan antar siswa

Pada langkah ini guru mengajak siswa menyimpulkan garis besar materi pelajaran yang telah dipelajari. Guru memberikan warning dan stressing pada bagian- bagian materi yang dianggap sangat penting/sebagai kata kunci. Selanjutnya diberikan tes formatif untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.

Guru dan siswa menyimpulkan bersama – sama konsep relasi dan fungsi dan bagaimana cara penyelesaiannya

Pertantaan – pertanyaan tuntunan

Ø Apakah yang dimaksud dengan relasi?

Ø Ada berapa langkah cara menyelesaikan relasi? Sebutkan !

Ø Apakah yang dimaksud dengan fungsi?

Ø Ada berapa langkah cara menyelesaikan fungsi? Sebutkan!



Contoh Ulangi

Jadi secara umum bagaimana konsep relasi dan fungsi dan bagaimana langkah – langkah penyelesaiannya ?

1. Relasi

Relasi dari suatu himpunan A ke himpunan B adalah suatu aturan yang menghubungkan anggota – anggota A dengan anggota – anggota B.

Relasi dapat dinyatakan dengan:

a. Diagram panah

b. Diagram Cartesius

c. Himpunan pasangan berurutan.

2. Fungsi

Fungsi dari himpunan K ke himpunan L merupakan relasi yang menghubungkan setiap anggota K dengan tepat satu anggota L.

Fungsi dapat dinyatakan juga dengan:

a. Diagram panah

b. Diagram Cartesius

c. Himpunan pasangan berurutan

Langkah 6 : RAYAKAN

Merayakan atas keberhasilan yang sudah dilakukan oleh pelajar sebagai pengakuan untuk penyelesaian, partisipasi, dan pemerolehan keterampilan dan ilmu pengetahuan.(De porter B : 2003)

Alternatif Pertanyaan Tuntunan

· Cara apa yang paling sesuai untuk merayakan?

· Bagaimana cara mengakui prestasi mereka?

STRATEGI : Pujian, bernyanyi bersama, tepuk tangan

Pada langkah ini guru membagikan tanda bintang kepada siswa atau kelompok siswa yang mendapatkan point terbanyak (pada akhir pokok bahasan siswa/kelompok siswa yang mendapatkan tanda bintang terbanyak akan mendapatkan hadiah bingkisan), menginformasikan tugas yang harus dikerjakan dirumah serta memberitahukan topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

ü Guru memberikan tanda bintang kepada siswa / kelompok yang paling banyak mendapat point

ü Guru memerikan tugas yang harus dikerjakan dirumah dan memberikan pengarahan mengenai materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) bag 4 4.5 5 jono lelur Selasa, 18 Juni 2013 Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) bag 4 Untuk Kesempatan kali ini Info Kerja Guru akan melanjutkan menganai pembahasa sebelumnya yai...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar