PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) bag 3

 On Senin, 17 Juni 2013  


PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) bag 3

PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) bag 3

E.  Prinsip- prinsip Quantum Teaching
Quantum teaching memiliki 5 prinsip penting yaitu:
      1. Segalanya berbicara
      Segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh, dari kertas yang dibagikan hingga rancangan pelajaran semuanya mengirim pesan belajar.                                  
  2. Segalanya bertujuan
      Semua yang terjadi dalam penggambaran belajar mempunyai tujuan. Semua yang terjadi dalam penggubahan kita, mempunyai tujuan. Oleh karena itu, Kathy Wagone membuat istilah yang memotivasi: “tetapkanlah sasaran tersebut agar bisa berprestasi setiap harinya” (Kathy Wagone 2004 )
       3. Pengalaman sebelum pemberian nama
      Proses belajar yang paling baik terjadi ketika siswa telah mengalami informasi sebelum mereka memperoleh nama untuk  apa yang mereka  pelajari.
      4. Akui setiap usaha
      Mengakui usaha siswa untuk memperoleh kecakapan dan kepercayaan diri adalah yang penting dalam membangun keberhasilan siswa. Belajar mengandung resiko. Belajar berarti keluar dari kenyamanan. Pada saat siswa mengambil langkah ini, mereka patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri mereka. Seperti kata Noelle c. Nelson bahwa pujian atau penghargaan kepada seseorang atas karyanya memunculkan suatu energi yang membangkitkan emosi positif. (Noelle C. Nelson, Jeannine L. Calaba 2005 )
      5. Jika layak dipelajari maka layak dirayakan
      Perayaan dapat membangun gairah tersendiri untuk belajar. Perayaan memberikan umpan balik mengenai kemajuan dan meningkatkan asosiasi emosi positif dengan belajar. Perayaan adalah sarapan para pelajar juara. Perayaan memberikan umpan balik mengenai kemajuan dan meningkatkan minat dalam belajar. Sehubungan dengan itu, Dryden berpesan bahwa ingatlah selalu untuk merayakan setiap keberhasilan. ( Gordon Dryden 2004)


F. Sintaks Model Quantum Teaching
 Menurut De Porter ( 2000:89-93) ada lima langkah penting yang terkandung
dalam rancangan quantum teaching yaitu :
           Langkah 1
TUMBUHKAN
Menumbuhkan minat dengan memuaskan “apakah manfaatnya bagiku (pelajar)” dan memanfaatkan kehidupan pelajar (De Porter B  2003)
Alternatif Pertanyaan Tuntunan
·      Hal-hal apa yang telah mereka pahami?
·      Apa yang mereka sukai?
·      Apa manfaat bagi siswa?
·         Apa yang ingin mereka capai?
STRATEGI: Pantonim, lakon pendek
Pada langkah ini guru menuturkan sebuah cerita menarik dalam kehidupan yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Cerita itu memisikan segudang manfaat untuk kehidupan siswa, serta apa yang perlu dipelajari agar siswa dapat mencapai apa yang ia inginkan.
Guru menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan cara:
ü  Guru menumbuhkan AMBAK (Apa  Manfaat Bagiku)
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
ü  Guru menumbuhkan sikap optimisme untuk meraih kesuksesan belajar
ü  Ciptakan kesan penasaran terhadap materi yang akan disampaikan
ü  Kondisikan siswa dalam keadaan alpha dengan memacu optimisme setiap saat
Contoh tumbuhkan
Assalaamu’alaikum!!!!!!!!!!
Bagaimana kabarnya hari ini?.....sehat semua kan????
Apakah diantara kalian ada yang mempunyai hubungan persaudaraan??? Misalnya satu cucu. Mbah kalian kan melahirkan Ibu / Bapak kalian, Bapak / Ibu kalian menikah kemudian lahirlah kalian.
Sekarang coba tuliskan nama bapak ibu kalian beserta nama anak – anaknya, kalau kalian tahu hobinya boleh beserta hobinya masing – masing.
Mudah – mudahan selepas pelajaran ini kalian pandai menentukan silsilah keluarga atau yang ada kaitannya dengan dengan yang lain.
         
Langkah 2
ALAMI
Menciptakan atau mendatangkan pengalaman umum yang dapat dimengerti oleh semua pelajar. (De Porter B : 2003)
Alternatif Pertanyaan Tuntunan
·         Cara apa yang terbaik agar siswa memahami informasi kegiatan apa yang memfasilitasi kebutuhan untuk mengetahui mereka?
STRATEGI : Permainan peran, alat bantu
 Pada langkah ini guru menciptakan pengalaman umum kepada siswa, yang dapat dipahami oleh setiap siswa. Khusus dalam pelakasanaan penelitian ini guru mengajak siswa untuk mengatur tempat duduknya sedemikian hinggga jarak antar siswa satu sama lain depan-belakang, kanan- kiri sama. Setelah guru menayangkan aturan main berupa pembagian hadiah permen, guru membagikan permen kepada siswa sesuai dengan aturan, sambil mengajak siswa untuk mencermati dan mensyukuri hadiah yang diperoleh karena dari sinilah kita akan memperoleh pengetahuan yang bermanfaat.
Contoh alami
Ada berita penting!!!!!!
Saya minta tempat duduk kalian depan – belakang, kanan – kiri harus sama!!! Saya akan membacakan peraturannya. Perhatikan betul petunjuk ini.
*     Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, tiap kelopok terdiri dari 3- 4 siswa.
*     Guru menugasi setiap kelompok untuk memberikan contoh hubungan sebanyak-banyaknya di lingkungan kelas atua lingkungan sekitarnya dan kelompok yang tercepat dan menyebutkan terbanyak akan mendapatkan penghargaan hati dari guru.
*     Guru memberikan contoh, kemudian siswa diminta mengkelompokan mana yang termasuk relasi dan mana yang termasuk fungsi, kemudian kelompok yang tercepat dan benar akan mendapatkan sebuah penghargaan hati dari guru.
*     Setelah dikelompokan mana yang termasuk relasi dan mana yang termasuk fungsi, kelompok yang terakhir menjawabnya sebagai hukumannya harus mendefinisikan apa yang di sebut relasi dan apa yang disebut fungsi.
*     Apabila kelompok yang terakhir berhasil menjawab pengertian tersebut, maka akan mendapatkan penghargaan hati dari guru. Namun, apabila tidak berhasil akan diperebutkan oleh kelompok lain dan kelompok yang berhasil yang akan mendapatkan penghargaan hati dari guru.

Langkah 3
NAMAI
Menamai kegiatan yang akan dilakukan selama proses belajar mengajar dengan            menyediakan kata kunci, konser, model, rumus, strategi, sebuah “masukan”. (De Porter B : 2003)      
     Alternatif Pertanyaan Tuntunan
·      Perbedaan apa yang harus dibuat dalam belajar?
·      Apa yang harus ditambahkan pada pengertian mereka?
·      Bagaimana cara mengantarkan mereka mencapai tujuan?
·      Kiat apa yang berguna untuk mereka pakai?
STRATEGI : Suasana gambar, warna, alat bantu

v  Guru memberikan petunjuk dan kesempatan kepada siswa untuk memberikan penamaan terhadap pengalaman matematika yang telah diperolehnya. Dalam hal ini guru memberikan pertanyaan – pertanyaan tuntunan berdasarkan apa yang telah dialami siswa (untuk menjelajah alami otak) dalam bentuk kuis yang harus dijawab oleh siswa dengan ketentuan sebagai berikut:
ü  Siswa yang dapat menjawab diberi point dan aplaus
ü  Guru memberikan komentar yang diperlukan untuk menyempurnakan jawaban siswa
sesuai dengan konsep masalahnya
ü  Untuk contoh – contoh yang lebih bervariatif guru memerintahkan siswa membaca     buku siswa tentang cara menyelesaikan relasi dan fungsi
ü  Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa
v  Selama siswa melakukan aktifitas belajarnya guru menciptakan suasana belajar yang enjoy: menampilkan musik konsentrasi, menciptakan optimisme dan mengontrol kerja siswa agar belajar dengan optimal 
Contoh namai

G: ada pertanyaan.......!! Coba kalian jawab pertanyaan ini, yang bisa menjawab acungkan jari akan saya beri sesuatu yang pasti kalian sangat senang (yang dimaksud adalah point)
PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) bag 3 4.5 5 jono lelur Senin, 17 Juni 2013 PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) bag 3 E.   Prinsip- prinsip Quantum Teaching Quantum teaching memiliki 5 prinsip penting y...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar